Senin, 13 Juli 2009

Mendapatkan dan Memilih Kelinci


Beberapa hal prinsip yang perlu di pertimbangkan bila berniat memelihara kelinci, antara lain adalah tujuan memelihara kelinci. Bila kelinci yang dipelihara hanya sebagai hewan kesayangan di rumah maka pilihlah jenis kelinci yang sesuai dengan kondisi dan lingkungan anda. Bila anda sibuk dan hanya memiliki waktu dan lahan terbatas maka pilihlah sepasang kelinci sehat yang tidak memerlukan pemeliharaan yang rumit (misalnya kelinci berbulu pendek).
Namun bila berniat mengembang biakkan kelinci untuk tujuan produktif dan komersial, maka harus melakukan pemilihan bibit kelinci jenis unggul sesuai dengan trend pasar yang bagus agar mudah melakukan penjualan. Bila tujuannya memproduksi kelinci hias dengan bulu yang cantik maka jenis Angora, American Chinchilla dan Rex merupakan ternak yang cocok. Sedang untuk tujuan daging maka jenis Belgian, Californian, Flemish Giant, Havana, Himalayan dan New Zealand merupakan ternak yang cocok dipelihara. Pemilihan bibit dilakukan baik pada kelinci jantan sebagai pejantan maupun kelinci betina sebagai induk.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kelinci sebagai pejantan :
  • Kelinci jantan harus sehat, lincah dan aktif.
  • Bentuk dan struktur badan besar dan kuat.
  • Memiliki kaki yang kuat (tidak cacat atau pincang), penting dalam proses perkawinan.
  • Mampu mengawini betina dan memiliki catatan produksi baik dalam menghasilkan anakan yang unggul.


Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kelinci sebagai Induk :
  • Calon induk mempunyai catatan produksi yang baik (jumlah anak perkelahiran, daya tumbuh, servis per conception, fertilitas, keadaan alat reproduksi dll.).
  • Induk mempunyai puting susu lebih dari 8 buah.
  • Memiliki tingkah laku yang baik, tidak nervous,lincah dan mempunyai kemampuan merawat dan menyusui anak.
  • Kondisi fisik yang normal seperti badan sehat, mata bersinar, bulu yang bersih dan tidak kusut, telinga tegak tidak pepleh, dan lain sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar